Fungsi Guru Dalam Manajemen Kelas
Abstract
Seorang guru mengemban tanggung jawab besar dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Dengan demikian pendidik harus memiliki keahlian dalam mengelola dan mengkondisikan kelas secara baik. Jika pendidik kurang mampu atau tidak memiliki kemampuan dalam mengatur dan mengelola kelas dengan baik, maka dapat dipastikan semua tujuan pembelajaran yang ditetapkan sebelumnya akan menjadi tidak optimal dan sangat sulit untuk dicapai. Dalam hal ini, guru sebagai pengelola kelas berperan penting, terutama dalam menciptakan suasana kelas yang interesting dan have fun. Oleh karena itu, hendaknya seorang guru melaksanakan profesinya dengan sebaik-baiknya dan memperhatikan dua hal utama, yakni mengajarkan materi di kelas dan mengelola kelas.
Dalam menjalankan profesinya seorang pendidik sering mengalami masalah bagaimana mengelola kelas, seperti bagaimana menciptakan kondisi yang menyenangkan dalam kegiatan pembelajaran sehingga proses pembelajaran bisa berlangsung secara efektif dan efisien demi tercapainya tujuan pembelajaran.
Pengelolaan kelas jauh berbeda dengan pengelolaan pengajaran, pengelolaan pengajaran berkaitan dengan usaha membantu anak didik dalam mencapai tujuan khusus pengajaran secara langsung, misalnya membuat satuan pembelajaran, penyajian informasi, mengajukan pertanyaan, evaluasi, dan masih banyak lagi.
Adapun yang berkaitan dengan permasalahan manajemen, hendaknya ada keinginan untuk mempertahankan dan membuat suasana pembelajaran yang kondusif dan efisien. Untuk itu penulis merasa sangat penting untuk membahas materi ini.