RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENGATASI RENDAH DIRI SISWA

  • Dina Nadira Amelia Siahaan STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara
  • Yeni Karneli Universitas Negeri Padang
Keywords: rational emotive behavior therapy, rendah diri

Abstract

Permasalahan yang mengemuka di kalangan siswa adalah rasa rendah diri (minder) dihadapan teman sebaya, sehingga mengakibatkan secara pribadi merasa tidak mampu melakukan sesuatu keterampilan sebagai manifestasi jiwa dan eksistensi dirinya yang sedang berkembang. Sedangkan secara kelompok, seseorang yang merasa rendah diri merasa tidak mampu berkontribusi dalam menyelesaikan masalah pada berbagai tugas yang diamanahkan.  Hal ini tidak boleh dibiarkan berlangsung lama pada banyak siswa sekolah menengah atau usia remaja. Karena jika dibiarkan maka pengembangan kepribadian sebagai manifetasi jiwa, sifat, potensi, kemampuan atau kompetensi akan menghambat optimalisasi dan aktualisasi diri sebagai tujuan yang akan dicapai dalam pendidikan dan pembelajaran. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji sejauhmana rational emotive behavior therapy untuk mengatasi rendah diri siswa. Dari kajian teoritis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa rational emotive behavior therapy dapat mengatasi rasa rendah diri (minder) siswa sekolah.

Published
2020-03-08