PELAKSANAAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM DI MAN MATANGKULI ACEH UTARA
Abstract
Kepemimpinan pendidikan merupakan terobosan tepat dalam membentuk iklim yang kondusif di suatu lembaga pendidikan. Kepala sekolah dalam konteks ini memiliki peran yang cukup besar dalam menciptakan kondusivitas pembelajaran, termasuk dalam upaya pengembangan kurikulum. Tulisan ini bertujuan menganalisa pelaksanaan kepemimpinan kepala madrasah dalam pengembangan kurikulum di MAN Matangkuli Aceh Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi deskriptif. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kepemimpinan kepala MAN Matangkuli Aceh Utara dalam pengembangan kurikulum madrasah terlaksana dengan baik. Hal ini ditandai dengan (a) minat belajar siswa di MAN Matangkuli yang cukup baik dalam mengikuti pembelajaran dan (b) Pengembangan kurikulum memberi kemudahan menalar materi ajar yang disajikan bagi siswa. Begitupun, masih ditemui (2) beberapa kendala yakni (a) sarana dan prasarana yang dimiliki oleh MAN Matangkuli masih banyak kekurangan. Hal ini sedikit menghambat proses belajar-mengajar yang berlangsung dan (b) Dalam pengembangan silabus, kebanyakan guru mata pelajaran masih mengdopsi dan mengembangkan kurikulum KTSP.