PELAKSANAAN PENGAWASAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMA SWASTA RUHUL ISLAM TANAH LUAS
Abstract
Supervisi manajerial dan akademik menjadi tugas utama seorang kepala sekolah. Dalam konteks ini, pengawasan sebagai bentuk tindakan aplikatif penting dilakukan seorang kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru. Tulisan ini bertujuan menganalisa pelaksanaan pengawasan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Swasta Ruhul Islam Tanah Luas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi deskriptif. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peningkatan kualitas guru yang profesional yaitu guru yang memiliki kompetensi tinggi dan komitmen tinggi akan memberikan kontribusi optimal terhadap sekolah ataupun peserta didik dalam proses pembelajaran, baik dalam pembentukan pengetahuan, keterampilan, maupun sikap dan nilai, demikian juga sebaliknya. Sehubungan dengan guru sebagai jabatan profesional dengan tuntutan tanggung jawab yang begitu besar, maka mulai dari rekrutment calon guru hendaknya dilakukan seleksi yang memadai. Selanjutnya, dilakukan peningkatan dan pengembangan profesionalisme guru dengan lebih serius di antaranya melalui KKG, MGMP, studi lanjut, seminar, loka karya, workshop, pelatihan, dan sejenisnya secara berkala serta berkesinambungan.