MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU GURU DI MTS SWASTA RAUDLATUL ULUUM AEK NABARA

  • Jailani Syahputra Siregar Universitas Al Washliyah Labuhanbatu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kepala madrasah (perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan) dalam meningkatkan mutu guru di MTs Swasta Raudlatul Uluum Aek Nabara.Secara metodologis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif interaktif dengan berupaya mencari, menganalisis dan membuat interpretasi data yang ditemui melalui studi dokumen, wawancara dan pengamatan. Data yang telah dikumpulkan diperiksa keabsahannya melalui standar keabsahan data berupa keterpercayaan.Teknik analisa data adalah mereduksi, menyajikan dan membuat kesimpulan hasil penelitian.Temuan penelitian ini ada empat, yaitu:Perencanaan yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu guru di MTs Swasta Raudlatul Uluum Aek Nabara adalah melalui musyawarah/rapat. Pengorganisasian yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu guru di MTs Swasta Raudlatul Uluum Aek Nabaradengan cara mengembangkan dan mendelegasikan tugas secara profesional dan proporsional. Pelaksanaan yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu guru di MTs Swasta Raudlatul Uluum Aek Nabaradengan cara memberikan bimbingan, arahan, nasehat, dan motivasi. Dalam hal ini, kepala madrasah selalu memberikan bimbingan yang baik kepada seluruh guru dan warga madrasah, memberikan arahan yang positif, memberikan nasehat bersifat membangun, dan memotivasi segala warga madrasah yang terkait kususnya para guru dalam menjalankan tugasnya selalu berada pada kebaikan.Pengawasan yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu guru di MTs Swasta Raudlatul Uluum Aek Nabara dengan cara pengawasan, supervisi dan evaluasi tehadap perencanaan yang telah dilaksanakan.

Kata Kunci: Manajemen; Kepala Madrasah; Mutu Guru

Published
2018-07-29