REVOLUSI PEMBELAJARAN PRASEKOLAH: MENERAPKAN METODE STEAM UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF PADA ANAK USIA DINI DI RA AR RAIHAN JEMBER

  • Hanipa Hanipa Universitas KH. Ahmad Muzakki Syah, Jember
  • Nita Puspitasari Universitas KH. Ahmad Muzakki Syah, Jember
Keywords: STEAM, creative thinking, early childhood.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan metode STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif anak usia dini di RA Ar Raihan Jember. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap kepala sekolah, guru, dan peserta didik usia 5–6 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan STEAM mampu mendorong anak untuk lebih aktif berpikir, bertanya, mengeksplorasi, serta menyampaikan ide-ide kreatif dalam konteks pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna. Pembelajaran menjadi lebih kolaboratif dan berpusat pada anak, di mana guru berperan sebagai fasilitator. Selain itu, pendekatan ini dapat diterapkan tidak hanya pada mata pelajaran umum, tetapi juga pada pembelajaran berbasis nilai seperti Qur’an dan Hadis. Namun, penerapan STEAM juga menghadapi tantangan, seperti keterbatasan sumber daya, waktu, dan kesiapan guru dalam memfasilitasi aktivitas terbuka. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan kurikulum pendidikan anak usia dini berbasis STEAM yang terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman, serta membuka peluang bagi penelitian lanjutan dengan cakupan yang lebih luas dan pendekatan yang beragam.
Published
2025-09-24