Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Edutainment
Abstract
Tulisan ini mendiskusikan permasalah penting dan menarik, yaitu pengembangan pembelajaran pendidikan Islam berbasis teori edutainment. Tulisan ini mengandalkan sumber bibliografis berupa buku dan artikel yang berada di jurnal ilmiah yang berkaitan dengan pokok permasalahan. Pembacaan data pemikiran para akademisi dengan menggunakan pendekatan konstruktif kritis dan pemaknaan substansinya dengan analisis isi. Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini berkaitan dengan materi dan proses pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis edutainment. Berdasarkan telaah yang telah penulis lakukan maka dapat diambil kesimpulan bahwa materi pendidikan Islam bila diintegrasikan kedalam prinsip pembelajaran berbasis edutainment, pada prinsipnya hendaknya materi tersebut disajikan berdasarkan prinsip relevansi. Sementara proses pembelajaran pendidikan Islam berbasis edutainment dapat diformulasikan melalui beberapa upaya sebagai berikut: Ciptakan lingkungan yang mendukung aktivitas belajar, ciptakan minat belajar yang tinggi, kenali gaya belajar siswa, terapkan pembelajaran berbasis aktivitas, rancang pembelajaran kolaboratif, gunakan pendekatan inquiry discovery.