PELAKSANAAN KOMUNIKASI GURU DALAM PEMBELAJARAN PAI DI MIN 4 LUBUK TUKKO
Abstract
Kemampuan guru PAI dalam berkomunikasi sangatlah diperlukan didalam pembelajaran baik di kelas maupun di luar kelas. Oleh karena itu komunikasi guru dalam pembelajaran PAI harus lebih kreatif dan inovatif. Sehingga rencana pembelajaran PAI yang diharapkan akan tercapai yaitu tercapainya iklim komunikatif yang efektif dan edukatif, terkhusus pada situasi COVID 19 di MIN 4 Lubuk Tukko. Prosedur penelitian ini adalah mengamati keadaan sekitarnya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah di lingkungan sekolah MIN 4 Lubuk Tokko. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekoalh MIN 4 Lubuk Tukko, guru PAI, Guru kelas, dan siswa dan siswi. Dilakukan dengan observasi terlebih dahulu, kemudian melakukan wawancara sesuai dengan data yang dibutuhkan, kemudian menganalisisnya. Penelitian ini menghasilkan Komunikasi guru PAI dalam pembelajaran PAI di MIN 4 Lubuk Tukko, sudah terlaksana dengan baik. Kepala sekolah dan guru PAI serta pihak sekolah sudah banyak mengetahui bagaimana berkomunikasi yang baik dalam setiap pembelajaran. komunikasi guru PAI dalam pembelajaran PAI adalah penerapan variasi metode dalam pembelajaran PAI, penggunaan media pembelajaran dan sumber belajaran yang terkait, Serta mengadakan umpan balik dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang membangun berfikir siswa serta variasi dalam interaksi dan kegiatan peserta didik. Upaya guru PAI mengatasi kendala komunikasi yang terjadi adalah adanya upaya yang dilakukan yaitu: guru berhati-hati dalam mengajar dengan selalu memperhatikan keadaan siswa dan memahami perubahan minat belajar siswa serta berusaha mengendalikan kelas dengan aman dan kondusif. Membuat suatu pesan dengan point-point penting dengan kalimat yang sederhana serta penuh perhatian dan memberikan kebebasan siswa berkreasi sesuai dengan bakat dan kemampuannya.