Boneka Tangan Sebagai Media Peningkatan Keterampilan Berbahasa Pada Anak Usia Dini

  • Dedi Sahputra Napitupulu STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara
Keywords: boneka tangan, media, keterampilan berbahasa.

Abstract

Kemampuan berbahasa dengan baik merupakan keterampilan yang sangat penting pada anak. Bahkan salah satu indikasi kecerdasan seorang anak pada level usia dini diukur melalui kelancarannya dalam berbahasa atau berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media boneka tangan untuk mengembangkan keterampilan berbahasa pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumen. Secara spesifik penelitian ini dilaksanakan di TK ABA I Aek Kanopan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa boneka tangan sangat efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan berbahasa anak usia dini.

References

Bungin, Burhan. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Izzati, Lailatul dan Yulsyofriend. (2020). “Pengaruh Metode Bercerita dengan Boneka Tangan Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini”, dalam Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1): 472-481. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/486.

Jaya, Melinda Puspita Sari. (2019). “Pengaruh Media Boneka Tangan Untuk Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B di TK ABA 3 Kota Prabumulih Tahun Ajaran 2018/2019”, dalam Jurnal Pernik: Jurnal PAUD, 2(1): 65-73. https://jurnal.univpgri- palembang.ac.id/index.php/pernik/article/view/3114.

Madyawati, Lilis. (2017). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Kencana.

Napitupulu, Dedi Sahputra. (2019). “Proses Pembelajaran Melalui Interaksi Edukatif dalam Pendidikan Islam”, dalam Jurnal Tazkiya, 8(1): 125-138. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tazkiya/article/view/458.

Napitupulu, Dedi Sahputra. (2020). Etika Profesi Guru Pendidikan Agama Islam. Sukabumi: Haura Utama.

Prihanjani, Ni Luh et. al. (2016). “Penerapan Metode Bercerita Bantuan Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6”, dalam Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(3). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/8822/5709.

Rachmawati Yeni dan Euis Kurniati. (2005). Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Dini Taman Kanak-kanak. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi Depdiknas.

Ramadhani, Risky. (2016). “Meningkatkan Kemampuan Bercerita Melalui Penggunaan Media Panggung Boneka Pada Kelompok A1 TK Madukismo”, dalam Jurnal Pendidikan Anak, 5(2): 808-816. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/12378.

Rasyid Harun dkk. (2009). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Suhartono. (2005). Pengebangan Ketermpilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Suradinata, Nadia Intan dan Ega Asnatasia Maharani. (2020). “Pengaruh Bercerita Berbantuan Media Boneka Tangan terhadap Kemampuan Berbicara Anak”, dalam Journal for Education Research, 1 (1): 28-37. https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/4.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Zulkifli. (2005). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
2021-07-01