PELAKSANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN DI TK PELANGI KUALUH HULU KABUPATEN LABUHANBATU UTARA

  • Hamzah Hamzah STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara
Keywords: pelaksanaan, program dan pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program pembelajaran di TK Pelangi Kualuh Hulu Kabupaten Labuhanbatu Utara. Secara terperinci tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui penyusunan program/rencana pembelajaran, (2) untuk mengetahui pelaksaan program pembelajaran, (3) untuk mengetahui evaluasi pembelajaran. Penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif, yang mengungkapkan data berupa kata-kata dari informan dan objek yang diteliti sebagaimana adanya. Untuk menjawab tujuan penelitian dimaksud, maka teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, digunakan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, paparan data dan penerikan kesimpulan. Kemudian teknik penjaminan data adalah terdiri dari triangulasi (pengecekan silang), antar metode dan triangulasi data antar informan. Pelaksanaan progam pengajaran di TK Pelangi dilakukan tiga orang guru sebagai informan dan mengoservasi peserta didik 22 orang di kelas B. Ada tiga temuan penelitian ini, yaitu: Pertama; Penyusunan program pembelajaran di TK Pelangi Kualuh Hulu Kabupaten Labura sudah disusun oleh kepala sekolah bersama dengan guru-guru, terbukti dari adanya rencana pelaksanaan pembelajaran harian, jadwal kegiatan pembelajaran harian, yang juga ditemukan adanya dukungan fakta dokumen RPPH selama 4 hari. Kedua; Pelaksanaan pembelajaran berlangsung pada dua rombongan belajar kelas A dan kelas B yang dikelola oleh dua orang guru dan satu kepala sekolah dengan langkah-langkah kegiatan pra pembeljaran, kegiatan awal pembelajaran, kegiatan inti pembelajaran, dan kegiatan penutup. Ketiga; evaluasi pembelajaran dilakukan pada alokasi waktu penutup sebagai proses akhir untuk menilai capaian peserta didik atas kompetensi yang ditetapkan sebagaimana dalam perencanaan pembelajaran.
Published
2021-06-29