Analisis Metode Montessori pada Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Usia Dasar (Jenjang MI/SD)

  • Afif Zahidi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Metode Montessori, Pembelajaran Matematika

Abstract

Matematika dalam posisinya sebagai sebuah mata pelajaran di sekolah dasar disinyalir sebagai salah satu mata pelajaran yang “menakutkan” bagi siswa. Hal itu karena masih terbatasnya instrumen siswa untuk berpikir secara logis sesuai dengan karakter ilmu hitung tersebut. Problem tersebut semakin kompleks bila merujuk pada proses pembelajaran di dalamnya di mana tidak banyak pendidik yang mampu menerapkan metode yang kompatibel. Celakanya bila hal ini tidak direspon secara responsif, fobia tersebut akan berbuntut panjang. Metode montessori merupakan salah satu metode yang menitik beratkan pada perkembangan berfikir anak didik. Penalaran siswa yang masih terbatas akan diberikan sebuah visualisasi manipulatif dalam konteks pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan bagaimanakah metode montessori dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Telaah secara inklusif, objektif, dan komprehensif merupakan prosedur dalam menganalisis data. Bertitik dari kajian yang telah dilakukan bahwa secara operasional berikut penerapan metode montessori pada pembelajaran matematika: Pertama, pengenalan identitas yang bisa dilakukan dengan membuat sebuah hubungan antara aspek visual sebuah benda dan namanya. Kedua, pengenalan perbandingan. Langkah ini dilakukan untuk mencari afirmasi terhadap tingkat pemahaman siswa terhadap materi. Ketiga, membuat visualisasi yang beraneka namun serumpun dan menuntut siswa mampu untuk menjelaskannya. Dengan langkah-langkah yang memberikan atensi terhadap perkembangan nalar pemelajar tersebut akan sedikit demi sedikit mereduksi “fobia” siswa terhadap matematika, dan akan berimplikasi pada peningkatan hasil belajar matematika.

Published
2021-01-20