ANALISIS TINGKAT IMAJINASI ANAK DALAM PENULISAN PUISI ANAK

  • Pangestu Cahyo Gumelar UIN Sunan Kalijaga
Keywords: imajinasi puisi anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengimajinasian dalam karya puisi anak. Metode penelitian yang digunakan adalah adalah kualitatif deskriptif. Penelitian yang menghasilkan data deskrpitif dari objek yang diamati. Penelitian kualititif besifat mendeskripsikan makna data yang mau ditangkap atau diambil oleh peneliti dengan menunjukan bukti. Sumber data berasal dari rubrik puisi pada surat kabar Kedaulatan Rakyat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan mengumpulkan bahan pustaka, membaca dan mengidentifikasi data untuk kemudian digunakan sebagai bahan analisis. Berdasarkan hasil analisis dari tiga puisi anak dari siswa kela satu, dua dan lima didapatkan hasil bahwa tingkat pengimajinasian siswa memiliki perbedaan disetiap kelas hal ini bisa dipengaruhi oleh penguasaan suku kata.

References

Afif, Faisal. “Berfikir Imajinatif.” binus (2013).
Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006.
depdikbud. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: bulan bintang, 2002.
Judson, Gillian. “Two Key Points for Understanding Imagination in Education” (2016). https://www.gettingsmart.com/2016/09/imagination-misunderstood/?utm_campaign=coschedule&utm_source=twitter&utm_medium=Getting_Smart&utm_content=T.
Nurgiyantoro, Burhan. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2013.
Waluyo, Herman J. Teori Dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga, 1987.
Zuchdi, Darmiati dan Budiasih. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Di Kelas Rendah. Jakarta: Depdikbud, 1997.
Published
2022-05-20