BONEKA TANGAN SEBAGAI MEDIA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBAHASA PADA ANAK USIA DINI
Abstract
Good language skills are very important skills in children. Even one indication of a child's intelligence at an early age level is measured by his fluency in language or speaking. This study aims to describe the use of hand puppet media to develop language skills in early childhood. This research uses descriptive qualitative method by using data collection techniques through interviews, observations and documents. Specifically, this study was conducted at Kindergarten ABA I Aek Kanopan. The results of this study show that hand puppets are very effectively used as a learning medium to develop early childhood language skills.
References
Izzati, Lailatul dan Yulsyofriend. “Pengaruh Metode Bercerita dengan Boneka Tangan Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini”, dalam Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1) 2020: 472-481. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/486.
Jaya, Melinda Puspita Sari. “Pengaruh Media Boneka Tangan Untuk Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B di TK ABA 3 Kota Prabumulih Tahun Ajaran 2018/2019”, dalam Jurnal Pernik: Jurnal PAUD, 2(1) 2019: 65-73. https://jurnal.univpgri- palembang.ac.id/index.php/pernik/article/view/3114.
Madyawati, Lilis. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Kencana, 2017.
Napitupulu, Dedi Sahputra. “Proses Pembelajaran Melalui Interaksi Edukatif dalam Pendidikan Islam”, dalam Jurnal Tazkiya, 8(1) 2019: 125-138. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tazkiya/article/view/458.
Napitupulu, Dedi Sahputra. Etika Profesi Guru Pendidikan Agama Islam. Sukabumi: Haura Utama, 2020.
Prihanjani, Ni Luh et. al. “Penerapan Metode Bercerita Bantuan Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6”, dalam Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(3) 2016. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/8822/5709.
Rachmawati Yeni dan Euis Kurniati. Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Dini Taman Kanak-kanak. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi Depdiknas, 2005.
Ramadhani, Risky. “Meningkatkan Kemampuan Bercerita Melalui Penggunaan Media Panggung Boneka Pada Kelompok A1 TK Madukismo”, dalam Jurnal Pendidikan Anak, 5(2) 2016: 808-816. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/12378.
Rasyid Harun dkk. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Multi Pressindo, 2009.
Suhartono. Pengebangan Ketermpilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas, 2005.
Suradinata, Nadia Intan dan Ega Asnatasia Maharani. “Pengaruh Bercerita Berbantuan Media Boneka Tangan terhadap Kemampuan Berbicara Anak”, dalam Journal for Education Research, 1 (1) 2020: 28-37. https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/4.
Tarigan, Henry Guntur. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa, 2008.
Zulkifli. Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.