Program Peningkatan Mutu Pendidikan Di Madrasah Padang Lawas

  • Asrul Asrul UIN Sumatera Utara
Keywords: Program, Peningkatan, dan Mutu pendidikan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Perumusan program  Peningkatan Mutu Pendidikan di MAN 2 Padang Lawas; (2) pelaksanaan program peningkatan mutu pendidikan di MAN 2 Padang Lawas, (3) dukungan sumberdaya  pelaksanaan program peningkatan mutu di MAN 2 Padang Lawas.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapaun subjek penelitian adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis secara interaktif  dengan prosedur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk mencapai keabsahan data diuji dengan triangulasi antar metode, yaitu data wawancara diperiksa silang dengan data observasi, dan dokumentasi serta sebaliknya. Sedangkan triangulasi antar sumber data dilakukan dengan memeriksa kebenaran data dari kepala madrasah dengan data dari wkil kepala madrasah, tatausaha, dan guru-guru madrasah berkenaan data program peningkatan mutu pendidikan di MAN 2 Padang Lawas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perumusan program Peningkatan Mutu Pendidikan di MAN 2 Padang Lawas dilakukan dengan mengacu kepada visi, misi dan tujuan serta musyawarah partisipatif dengan melibatkan kepala madrasah, komite madrasah, para wakil kepala madrasah, para guru, tatausaha, dan musywarah guru mata pelajaran (MGMP), (2)  pelaksanaan program peningkatan mutu MAN 2 Padang Lawas diawali dengan pembentukan panitia kegiatan, rapat panitia dengan semua unsur,melakukan  pembagian tugas, dan penjadwalan kegiatan, (3) dukungan sumberdana personil staf pimpinan dan guru-guru dikategorikan aktif baik dalam persiapan, pelaksanaan, maupun pengevaluasian kegiatan peningkatan mutu pendidikan di MAN 2 Padang Lawas. Komunikasi rutin secara internal dan eksternal melalui rapat,  sumber daya yang berkualitas, sumber dana yang berasal dari BOS, SPP, dan bantuan lain, serta adanya sarana prasarana yang cukup memadai.

References

Admodiwirio, Soebagio, Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta: Ardadizyajaya, 2000.
Ahmad, Dzaujak, Penunjuk Peningkatan Mutu pendidikan di sekolah Dasar, Jakarta: Depdikbud, 1996.
Arcaro, Jereme S., Pendidikan Berbasis Mutu, Jakarta: Pustaka Pelajar, 2006.
Arikunto, Suharsimi, Manajemen Penelitian, Jakarta: Rieneka Cipta, 2010.
Astuti Dwiningrum, Siti Irine, Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
Bisri, Mustofa dan Tin Tisnawati, Menulis Karya Ilmiah Teknik Menghadapi Sertifikasi, Semarang: Ghyyas Putra, 2009.
Bungin, M. Burhan, Penelitian Kualitatif, Komunikatif, Ekonomi, Kebijakan Publik dan ilmu sosial lainnya, Jakarta: Kencana, 2008.
Eti Rochaeti, dkk, Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Bumi Aksara, 2005.
Fatah, Nanang, Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.
Hamalik, Oemar, Evaluasi Kurikulum, Cet. 1, Bandung: Remaja Rosda Karya,1990.
Hasbullah, Kebijakan Pendidikan (Dalam Perspektif Teori, Aplikasi, dan Kondisi Objekif Pendidikan di Indonesia), Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2015.
Hasbullah, Otonomi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2016.
Hermino, Agustinus, Kepemimpinan Pendidikan Di Era Globalisasi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.
Izumi, Lance T. and Williamson M. Evers.ed. Teacher Quality. New York, 2003.

Makawimbang, Jerry H., Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan, Bandung: Penerbit Alfabeta, 2011.
Minarti, Sri, Manajemen Sekolah Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.
Moeloeng, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2002.
Mulyasa, E., Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Menyukseskan MBS dan KBK, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005.
Narbuko Cholid dan Achmad Abu, Metode Penelitian, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Nurhasan, Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia, Kurikulum untuk Abad 21, Indikator Cara Pengukuran dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi mutu Pendidikan, Jakarta, PT. Sindo, 1994.
Nurkholis, Manajemen Berbasis Sekolah, Teori, Model dan Aplikasi, Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, 2003.
Omakonu, Vincent K. and Joel E. Ross. Principle of Total Quality. London2: CRC Press, 2005

Poerwandari, E. Kristi, Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian Psikolog Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi LPSP3, 1998.
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet. 10, Jakarta : Balai Pustaka, 1999.
Qomar, Mujamil, Epistimologi Pendidikan Islam dari Metode Rasional hingga Metode Kritik, Jakarta: Erlangga, 2005.
Rohman, Arif, Kebijakan Pendidikan Analisis Dinamika Formulasi dan Implementasi, Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2012.
Rohman, Arif, Politik Ideologi Pendidikan, Yogyakarta: Laksbang Mediatama, 2009.
Sugiyono, Metode Penelitian Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Afabeta, 2007.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2011.
Suranto, Metode Penelitian Dalam Pendidikan Dengan Program SPSS, Semarang: Ghyyas Putra, 2009.
Suryosubroto, B., Manajemen Pendidikan di Sekolah, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2004.
Syafaruddin dan Irwan Nasution, Manajemen Pembelajaran, Jakarta: Quantum Teaching, 2005.
Syafaruddin, Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan, Jakarta: Grasindo, 2002.
Umar, Husein, Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Jakarta: Rajawali Pers, 2009.
Untari, Titin, Implementasi Penjamin Mutu Pendidikan untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran, Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan, ISBN: 978-602-361-102-7.
Zahroh, Animatul, Total Quality Manajement (Teori & Praktik Manajemen Untuk Mendongkrak Mutu Pendidikan), Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
Published
2022-07-24