Implementasi Program Tahfizhul Al-Qur'an dalam Mengembangkan Karakter Siswa di Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
Pendidikan karakter pada anak usia dasar menjadi tantangan penting di tengah perkembangan teknologi dan globalisasi yang mempengaruhi sikap dan perilaku anak. Salah satu upaya untuk mengembangkan karakter siswa adalah melalui program tahfidz Al-Qur'an yang diterapkan di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program tahfidz Al-Qur'an dalam mengembangkan karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaannya. Metode yang digunakan adalah penelitian studi pustaka dengan pendekatan kualitatif deskriptif, yang mengumpulkan data dari berbagai penelitian terdahulu, buku, dan jurnal ilmiah terkait. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis konten untuk menggali informasi yang relevan dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program tahfidz Al-Qur'an di Madrasah Ibtidaiyah memberikan dampak positif dalam pembentukan karakter siswa, seperti meningkatkan disiplin, ketekunan, rasa tanggung jawab, serta akhlak mulia. Namun, terdapat beberapa tantangan dalam implementasinya, terutama terkait keterbatasan waktu dalam jadwal pelajaran dan kurangnya dukungan orang tua. Faktor-faktor yang mendukung, seperti kompetensi guru dan fasilitas yang memadai, turut meningkatkan keberhasilan program ini. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya perhatian lebih terhadap faktor-faktor pendukung pelaksanaan program tahfidz untuk memaksimalkan dampaknya, serta memberikan wawasan bagi pengelola dan pendidik Madrasah Ibtidaiyah untuk mengembangkan program tahfidz yang lebih efektif dalam pembentukan karakter religius siswa.
References
Aziz, Mursal. Materi Pembelajaran Aksara Arab Melayu & Tahfizhul Qur’an Juz 30. Malang: Ahlimedia Press, 2022.
———. Pendidikan Agama Islam: Memaknai Pesan-Pesan Alquran. Purwodadi: Sarnu Untung, 2020.
Aziz, Mursal & Zulkipli Nasution. Metode Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an: Memaksimalkan Pendidikan Islam Melalui Al-Qur’an. Medan: Pusdikra MJ, 2020.
Muhammad, Azamul Fadhly Noor. “Model Kepemimpinan Guru Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas Pada Jenjang SD/MI.” Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 4, no. 1 (2017): 29. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i1.1443.
Mursal Aziz & M. Hasbie Asshiddiqi. Inspirasi Kisah Alquran: Nilai Pendidikan Islam Dari Kisah Keluarga Nabi Adam as, Dan Nabi Ibrahim As. Kediri: FAM Publishing, 2020.
Mursal Aziz & Zulkipli Nasutio. Al-Qur’an: Sumber Wawasan Pendidikan Dan Sains Teknologi. Medan: Widya Puspita, 2019.
Sholihin, M. Faridus, Meylinda Saputri Tini Hakim, and Agus Zaenul Fitri. “Pengembangan Kecerdasan Emosional Siswa: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembelajaran Berbasis Alam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 6, no. 2 (2021): 168–84. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).8036.