Penerapan Pembelajaran Al-Qur'an Berbasis Keterampilan Membaca pada Siswa Sekolah Dasar

  • Elga Novira Rizkinta STIT Batu Bara Sumatera Utara, Indonesia
Keywords: Learning, Al-Quran and Skills.

Abstract

Abstrak penelitian ini berfokus pada penerapan pembelajaran Al-Qur'an berbasis keterampilan membaca pada siswa sekolah dasar. Masalah umum yang dihadapi adalah kurangnya pendekatan yang mengutamakan keterampilan membaca yang benar dalam pembelajaran Al-Qur'an, sehingga banyak siswa yang hanya mampu menghafal tanpa memahami kaidah tajwid yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana penerapan pembelajaran berbasis keterampilan membaca dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur'an dengan benar dan sesuai kaidah tajwid. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka, dengan mengumpulkan dan menganalisis literatur, jurnal, dan penelitian terdahulu yang relevan mengenai pembelajaran Al-Qur'an berbasis keterampilan membaca. Penelitian ini juga menganalisis peran media pembelajaran berbasis teknologi dalam mendukung pembelajaran keterampilan membaca Al-Qur'an di sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis keterampilan membaca yang mengintegrasikan metode tajwid terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur'an. Penggunaan media berbasis teknologi juga dapat memperkaya pengalaman belajar siswa, meskipun tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan pelatihan guru masih menjadi hambatan. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya pelatihan guru untuk mengajarkan keterampilan membaca dan penggunaan media teknologi yang dapat mendukung pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran Al-Qur'an yang lebih efektif dan relevan dengan perkembangan zaman, dengan tujuan meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di tingkat sekolah dasar.

References

Aziz, Mursal. Materi Pembelajaran Aksara Arab Melayu & Tahfizhul Qur’an Juz 30. Malang: Ahlimedia Press, 2022.
———. Pendidikan Agama Islam: Memaknai Pesan-Pesan Alquran. Purwodadi: Sarnu Untung, 2020.
Aziz, Mursal & Zulkipli Nasution. Metode Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an: Memaksimalkan Pendidikan Islam Melalui Al-Qur’an. Medan: Pusdikra MJ, 2020.
Aziz, Mursal et.al. Ekstrakurikuler PAI (Pendidikan Agama Islam):Dari Membaca Alquran Sampai Menulis Kaligrafi. Media Madani. Serang: Media Madani, 2020.
Mujahiddin, Anas. “Konsep Tartil Dan Pengaruh Penerapannya Dalam Membaca Al-Q Ur’an.” Ulumul Qur’an: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 3, no. September (2023): 201–16.
Mursal Aziz & M. Hasbie Asshiddiqi. Inspirasi Kisah Alquran: Nilai Pendidikan Islam Dari Kisah Keluarga Nabi Adam as, Dan Nabi Ibrahim As. Kediri: FAM Publishing, 2020.
Mursal Aziz & Zulkipli Nasutio. Al-Qur’an: Sumber Wawasan Pendidikan Dan Sains Teknologi. Medan: Widya Puspita, 2019.
Nisak, Nur Maslikhatun. “Implementasi Kurikulum Pembelajaran Al Qur’an Di Sekolah Dasar.” Halaqa: Islamic Education Journal 2, no. 2 (2018): 150–64. https://doi.org/10.21070/halaqa.v2i2.1780.
Published
2025-06-30