Peran Pembelajaran Al-Qur'an dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Agama Siswa Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
Penelitian ini berfokus pada peran pembelajaran Al-Qur'an dalam meningkatkan kemampuan literasi agama siswa di Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI). Masalah umum yang diangkat adalah tantangan dalam pengajaran Al-Qur'an yang seringkali hanya berfokus pada aspek hafalan, tanpa memperhatikan pemahaman dan penerapan nilai-nilai Al-Qur'an dalam kehidupan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pembelajaran Al-Qur'an dapat meningkatkan literasi agama siswa, serta mengidentifikasi metode-metode pembelajaran yang efektif dalam konteks pendidikan dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif. Peneliti mengumpulkan data dari berbagai literatur yang relevan, baik dari jurnal, buku, maupun artikel ilmiah yang membahas pembelajaran Al-Qur'an dan literasi agama. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis), yang memungkinkan peneliti untuk mengidentifikasi tema-tema utama terkait dengan pembelajaran Al-Qur'an dan peningkatan literasi agama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Al-Qur'an yang berbasis pemahaman tafsir, kontekstual, dan interaktif dapat secara signifikan meningkatkan literasi agama siswa. Pembelajaran Al-Qur'an yang mengintegrasikan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari siswa juga berkontribusi dalam memperkuat penghayatan terhadap ajaran agama. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya mengembangkan metode pembelajaran yang lebih kontekstual dan aplikatif untuk meningkatkan literasi agama di SD dan MI, guna mencapai pendidikan yang lebih holistik dan mendalam bagi siswa.
References
Assingkily, Muhammad Shaleh. “Peran Program Tahfiz Dan Tahsin Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Literasi Al-Qur’an Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta.” Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 9, no. 1 (2019): 186–215. https://doi.org/10.22373/jm.v9i1.4157.
Aziz, Mursal. “Etika Akademis Dalam Pendidikan Islam.” Jurnal Tarbiyah 25, no. 1 (2018). https://doi.org/10.30829/tar.v25i1.239.
———. Materi Pembelajaran Aksara Arab Melayu & Tahfizhul Qur’an Juz 30. Malang: Ahlimedia Press, 2022.
———. Pendidikan Agama Islam: Memaknai Pesan-Pesan Alquran. Purwodadi: Sarnu Untung, 2020.
Aziz, Mursal & Zulkipli Nasution. Metode Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an: Memaksimalkan Pendidikan Islam Melalui Al-Qur’an. Medan: Pusdikra MJ, 2020.
Eko Ngabdul Shodikin & Muh. Wasith Achadi. “Optimalisasi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Dengan Metode Taḥfīẓ Sabaq, Sabqi, Manzil Di Madrasah Ibtidaiyah Lit Taḥfīẓil Qur’ān Jamilurrohman: Studi Eksploratif Implementasi Dan Dampaknya Pada Pencapaian Hafalan Dan Pemahaman Qur’an.” Islamika: Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan 5, no. 4 (2023): 1482–99.
Hariyatmi, Hariyatmi, Marissa Oktavia Prasty, Fitriana Andriyani, Muhammad Adha Bisma Cahyo Nugroho, Qa’ilin Ma’rifah, Nurul Uswatun Khasanah, Dian Tri Wahyuni, Wahyu Tri Budi Raharjo, Ernaningsih Diah Ayu, and Monica Elen Dhamayani. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Munaqosah Tahfidzul Qur’an Di MIM Kerten Banyudono, Boyolali.” Buletin KKN Pendidikan 1, no. 2 (2020): 50–55. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10766.
Mursal Aziz & M. Hasbie Asshiddiqi. Inspirasi Kisah Alquran: Nilai Pendidikan Islam Dari Kisah Keluarga Nabi Adam as, Dan Nabi Ibrahim As. Kediri: FAM Publishing, 2020.
Mursal Aziz & Zulkipli Nasutio. Al-Qur’an: Sumber Wawasan Pendidikan Dan Sains Teknologi. Medan: Widya Puspita, 2019.
Rahmad, Basuki Wahyu, and Asriana Kibtiyah. “Pembentukan Karakter Religius, Disiplin Dan Tanggungjawab Melalui Kegiatan Tahfidzul Qur’an Di Sd Islam Roushon Fikr Jombang.” Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 18, no. September (2022): 31–52.