PEMETAAN PENELITIAN PADA BIDANG PENDIDIKAN DASAR ISLAM

(Studi Analisis Isi Terhadap Kurikulum Penyebaran Matakuliah Program Magister PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga T.A 2018/2019)

  • Muhammad Shaleh Assingkily Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Salminawati Salminawati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Keywords: Pemetaan Penelitian, Pendidikan Dasar Islam, PGMI.

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengkaji penelitian pada bidang pendidikan dasar Islam. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana pemetaan penyebaran matakuliah program magister pendidikan guru madrasah ibtidaiyah (PGMI) FITK UIN Sunan Kalijaga T.A 2018/2019 dan bagaimana pemetaan penelitian pada bidang pendidikan dasar Islam berdasarkan penyebaran matakuliah program magister PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga T.A 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemetaan penyebaran matakuliah program magister PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga T.A 2018/2019 terbagi kepada 3; (a) Pendidikan (60%) dengan matakuliah berjumlah 20 SKS (matakuliah wajib) dan 22 (matakuliah pilihan/minimal 2 sks [khusus] semester 1 dan semester 2); (b) Penelitian (35%) dengan matakuliah berjumlah 14 SKS; dan (c) Pengabdian (5%) dengan matakuliah berjumlah 2 SKS. Adapun pemetaan penelitian pada bidang pendidikan dasar Islam berdasarkan kurikulum (penyebaran matakuliah) program magister PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga T.A 2018/2019 terbagi kepada 8: (a) Kebijakan Pendidikan Dasar Islam; (b) Metodologi (kajian) Pendidikan Dasar Islam; (c) Evaluasi Pendidikan Dasar Islam; (d) Sumber dan Landasan Pendidikan Dasar Islam; (e) Strategi Pembelajaran; (f) Psikologi Perkembangan; (g) Materi Ajar Pendidikan Dasar Islam; dan (h) Field Study.

Published
2021-01-12