Pendidikan Berbasis Al-Qur’an Bagi Anak Usia Dasar
Abstract
Pendidikan merupakan bagian penting dalam hidup manusia. Al-Qur’an sebagai pedoman umat Islam memberi landasan dasar dan prinsip konsep pendidikan. Tulisan ini menganalisa kajian pendidikan berbasis al-Qur’an bagi anak usia dasar. Fokus penelitian ini menganalisa bagaimana konsep pendidikan dalam al-Qur’an, istilah pendidikan dalam al-Qur’an dan upaya menghidupkan nilai-nilai al-Qur’an dalam pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan. Buku dan artikel ilmiah yang relevan, menjadi rujukan utama dalam penelitian. Berdasarkan penelaahan yang dilakukan ditemukan bahwa (1) konsep pendidikan dalam al-Qur’an adalah proses menguatkan akidah (ketauhidan) kepada anak; (2) istilah pendidikan yang lazim dikenal dalam al-Qur’an yaitu tarbiyah dan ta’lim; (3) upaya menghidupkan al-Qur’an dalam pendidikan dilakukan dalam bentuk ibadah rutin di sekolah/madrasah dan pembinaan karakter.