Peran Pembelajaran Al-Qur'an dalam Pembentukan Karakter Siswa di Madrasah Ibtidaiyah

  • Fahrunisa Miladia Ulfa Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik, Indonesia
Keywords: Pembelajaran Al-Qur’an, Pembentukan Karakter, Siswa dan Madrasah Ibtidaiyah.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali peran pembelajaran Al-Qur'an dalam pembentukan karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah. Masalah yang mendasari penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran Al-Qur'an dapat berkontribusi dalam membentuk karakter siswa, mengingat tantangan pembentukan moral dan akhlak pada siswa usia dini yang semakin kompleks. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pembelajaran Al-Qur'an terhadap pembentukan karakter siswa, serta menggambarkan penerapan nilai-nilai Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini mengkaji berbagai literatur yang relevan mengenai pendidikan karakter, pengajaran Al-Qur'an, serta hubungan antara pemahaman Al-Qur'an dengan sikap dan perilaku siswa. Data diperoleh melalui analisis terhadap jurnal, buku, dan artikel yang membahas topik ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Al-Qur'an berperan signifikan dalam pembentukan karakter siswa, terutama dalam aspek kedisiplinan, kejujuran, empati, dan tanggung jawab sosial. Pembelajaran Al-Qur'an juga memperkuat solidaritas sosial di kalangan siswa melalui pengajaran nilai-nilai agama yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tantangan utama dalam implementasinya adalah kurangnya pendekatan yang lebih kontekstual dan interaktif dalam pengajaran. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya pengembangan metode pembelajaran Al-Qur'an yang lebih aplikatif dan relevan dengan kebutuhan perkembangan karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah, agar dapat memaksimalkan kontribusinya dalam pembentukan karakter yang lebih baik.

Published
2025-07-01