Metode Pembelajaran Al-Qur'an terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa di Madrasah Ibtidaiyah

  • Hendra Gunawan Universitas Islam Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
Keywords: Metode, Pembelajaran Al-Qur’an, Kemampuan Membaca dan Madrasah Ibtidaiyah.

Abstract

Penelitian ini mengkaji penerapan metode pembelajaran Al-Qur'an di Madrasah Ibtidaiyah (MI) untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Masalah umum yang dihadapi adalah rendahnya kemampuan membaca Al-Qur'an siswa di MI, meskipun berbagai metode pembelajaran telah diterapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi efektivitas berbagai metode pembelajaran Al-Qur'an, seperti Iqra’, As-Surasmaniyyah, Tajdied, dan At-Tahsin, serta untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penerapannya. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif, dimana data diperoleh melalui analisis literatur, termasuk jurnal penelitian dan artikel ilmiah yang relevan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kajian pustaka, dan data dianalisis menggunakan analisis konten untuk menilai efektivitas masing-masing metode dan faktor pendukung serta penghambatnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode-metode tersebut efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa di MI, meskipun terdapat perbedaan hasil tergantung pada metode yang diterapkan dan kondisi masing-masing MI. Faktor-faktor seperti motivasi siswa, keterampilan guru, dukungan orang tua, dan fasilitas pembelajaran berperan penting dalam keberhasilan penerapan metode. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya meningkatkan kualitas pelatihan guru, penyediaan fasilitas yang memadai, serta menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk mendukung penerapan metode pembelajaran Al-Qur'an yang efektif. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran yang lebih baik di MI, dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa secara lebih optimal.

Published
2025-07-01