Penerapan Teknologi dalam Pembelajaran Al-Qur'an di Madrasah Ibtidaiyah

  • Zulkipli Nasution UIN Sumatera Utara Medan, Indonesia
Keywords: Teknologi, Pembelajaran Al-Qur’an, dan Madrasah Ibtidaiyah.

Abstract

Penelitian ini mengkaji penerapan teknologi dalam pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah (MI), dengan fokus pada dampak, tantangan, dan peluang integrasi teknologi dalam proses pembelajaran. Masalah umum yang dihadapi adalah rendahnya efektivitas pembelajaran Al-Qur’an di MI meskipun berbagai metode sudah diterapkan. Teknologi, sebagai alat pembelajaran modern, memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan, namun penerapannya sering terhambat oleh kendala infrastruktur dan keterampilan digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana teknologi diterapkan dalam pembelajaran Al-Qur’an, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan penerapannya. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif, dimana data diperoleh melalui kajian terhadap artikel-artikel, jurnal ilmiah, dan penelitian terdahulu yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknologi, seperti aplikasi pembelajaran digital dan media interaktif, dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an. Namun, tantangan seperti keterbatasan akses terhadap perangkat teknologi dan keterampilan digital yang rendah di kalangan guru dan siswa menjadi hambatan utama. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan peningkatan infrastruktur teknologi, pelatihan guru, serta pengembangan konten pembelajaran yang relevan untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran Al-Qur’an. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya pengembangan strategi yang mendukung integrasi teknologi dalam pendidikan agama, guna meningkatkan kualitas pembelajaran Al-Qur’an di MI di era digital. Penelitian ini juga memberikan kontribusi dalam memberikan pandangan baru terhadap penerapan teknologi dalam pendidikan Islam.

Published
2025-07-01