Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran Al-Qur'an di Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah

  • Muhammad Tamrin Universitas Muhammadiyah Kupang, Indonesia
Keywords: Integration, Islamic Values and Al-Quran Learning.

Abstract

Abstrak penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran Al-Qur'an di Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI). Masalah umum yang dihadapi adalah kurang optimalnya penerapan nilai-nilai Islam dalam pembelajaran Al-Qur'an, yang lebih fokus pada aspek teknis seperti bacaan dan hafalan, tanpa memperhatikan penerapan nilai-nilai moral dan spiritual dalam kehidupan sehari-hari siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali bagaimana cara mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam pembelajaran Al-Qur'an secara efektif dan aplikatif, serta untuk mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam proses tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menganalisis berbagai literatur yang relevan, seperti buku, jurnal, artikel, dan penelitian terdahulu yang membahas tentang pembelajaran Al-Qur'an dan nilai-nilai Islam dalam pendidikan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, di mana sumber-sumber data primer dan sekunder dikumpulkan dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama dalam integrasi nilai-nilai Islam adalah keterbatasan waktu, sumber daya yang terbatas, dan kurangnya pelatihan bagi guru. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya mengembangkan pendekatan pembelajaran yang lebih holistik, dengan memanfaatkan teknologi dan pelatihan guru, untuk mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam setiap aspek pembelajaran Al-Qur'an. Dengan demikian, diharapkan pembelajaran Al-Qur'an dapat membentuk karakter siswa yang tidak hanya menguasai ilmu agama, tetapi juga mengamalkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

References

Abd. Mukhid. “Konsep Pendidikan Karakter Dalam Al-Qur’an.” Nuansa 13, no. 2 (2016): 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI.
Ahmadi, Dinul Koyyimah. “Pengaruh Pendikan Karakter Dalam Kurikulum Pendidikan Islam: Analisis Literatur Terhadap Praktik Dan Evaluasi Di Berbagai Negara” 16, no. 1 (2020): 1–23.
Aziz, Mursal. Materi Pembelajaran Aksara Arab Melayu & Tahfizhul Qur’an Juz 30. Malang: Ahlimedia Press, 2022.
———. Pendidikan Agama Islam: Memaknai Pesan-Pesan Alquran. Purwodadi: Sarnu Untung, 2020.
Aziz, Mursal & Zulkipli Nasution. Metode Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an: Memaksimalkan Pendidikan Islam Melalui Al-Qur’an. Medan: Pusdikra MJ, 2020.
Mursal Aziz & M. Hasbie Asshiddiqi. Inspirasi Kisah Alquran: Nilai Pendidikan Islam Dari Kisah Keluarga Nabi Adam as, Dan Nabi Ibrahim As. Kediri: FAM Publishing, 2020.
Mursal Aziz & Zulkipli Nasutio. Al-Qur’an: Sumber Wawasan Pendidikan Dan Sains Teknologi. Medan: Widya Puspita, 2019.
Mursal Aziz & Zulkipli Nasution. Strategi & Materi Pembelajaran Al-Qur’an Hadis: Upaya Mewujudkan Pendidikan Agama Islam Yang Religius. Pena Persada. Banyumas: Pena Persada, 2021.
Prihatin, Nyimas Yunierti, Ferianto Ferianto, and Muhammad Wahyu Ilhami. “Peranan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Memotivasi Peserta Didik Guna Meningkatkan Aktivitas Ibadah.” Muaddib: Islamic Education Journal 6, no. 2 (2023): 88–94.
Solihin, Rahmat. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Tahfidz Al-Quran Di Sekolah Dasar.” Jurnal Asy-Syukriyyah 21, no. 02 (2020): 154–63. https://doi.org/10.36769/asy.v21i02.108.
Published
2025-06-30